|

Streaming Radio Suara Landak

Warga Balai Peluntan Antusias Belanja Pasar Murah

Cornelis : Ini bentuk kepedulian Pemerintah


Jelimpo (Suara Landak) - Ratusan masyarakat tumpah ruah memenuhi halaman SDN 04 Sangku, Dusun Balai Peluntan, Desa Balai Peluntan Kecamatan Jelimpo Kabupaten Landak.

Bahkan anak-anak duduk di bawah tenda halaman sekolah. Iringan musik menjadi hiburan masyarakat sembari menunggu kesiapan panitia menyiapkan berbagai barang yang dijual dalam pasar murah dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri.

Kegiatan ini diselenggarakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar bekerjasama dengan Tim PKK Kalbar. Dalam pelaksanaan juga didukung para pelaku usaha, distributor serja jajaran pemerintah Kabupaten Landak, Kecamatan Jelimpo, Desa Balai Peluntan dan UPT Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar, Pelabuhan Perikanan Pantai Sungai Rengas, Jumat (16/6).

Berbagai bahan pokok tersedia di pasar murah. Ada pula beberapa jenis ikan laut dan perabotan rumah tangga guna melengkapi kebutuhan masyarakat.

Satu di antara Warga Herlina (44) senang dengan adanya pasar murah yang diselenggarakan pemerintah.

Ia bahkan telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB agar tidak terlambat dan kehabisan. "Banyak-banyak mengucapkan seribu terimakasih, Kepada Bapak Cornelis," katanya.

Menurutnya, harga kebutuhan pokok yang dijual sangat murah daripada harga di pasar kebanyakan. Dalam pasar murah ini ia membeli beras, susu, gula, tepung dan telur. "Harganya cukup murah. Senang," ungkapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kalbar, Frederica mengatakan PKK adalah mitra kerja pemerintah. Kegiatan pasar murah merupakan satu di antara bentuk kerjasama dengan pemerintah.

"Kalau tidak pak gubernur yang menyetujui juga tidak bisa terlaksana," katanya.

Tim Penggerak PKK Kalbar selalu memprogramkan dalam satu tahun sebanyak tiga kali yakni pada perayaan Imlek, Idul Fitri dan natal.

Barang-barang yang dijual pada pasar murah cukup murah dan di bawah harga pasar.

Beberapa di antaranya minyak goreng Rp 10 ribu, gula Rp 10 ribu, beras Rp 8 ribu perkilo, tepung terigu Rp 6 ribu perkilo, tepung gula Rp 6 ribu perkilo, mentega Rp 5 ribu, susu kaleng Rp 7 ribu, sirup marjan Rp 13 ribu perbotol dan sirup ABC Rp 10 ribu perbotol.

Kacang atom Rp 30 ribu perkilo, kacang medan Rp 35 ribu perkilo

Bawang putih Rp 25 ribu perkilo, indomie Rp 1.500 perbungkus, Telur Rp 1.350 perbutir dan juga beberapa ikan laut.

Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis mengatakan kegiatan pasar murah adalah upaya pemerintah meringankan beban masyarakat dengan melaksanakan kegiatan pasar murah.

Ini diadakan untuk membantu saudara-saudara yang kurang mampu dan daerah yang jauh serta terpencil.

"Ini yang bisa kami lakukan dan sudah dilakukan kurang lebih 10 kali. Ini bentuk kepedulian dari pemerintah untuk membantu masyarakatnya," kata Cornelis.

Di sela-sela pasar murah, Cornelis juga menyempatkan diri untuk berbagi hadiah sembako melalui kuis yang dibuatnya, dengan hafal Pancasila dan nama Gubernur Kalbar maka dapat hadiah Beras dan susu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalbar, M Ridwan menuturkan Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah, keluarga pra sejahtera yang ada di Kabupaten Landak. "Ini kerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kalbar. Dalam pelaksanaan juga didukung para pelaku usaha, distributor serja jajaran pemerintah Kabupaten Landak, Kecamatan Jelimpo dan Desa Balai Peluntan," jelasnya.

Beberapa produk yang dijual yakni sembako yang dijual dengan harga murah sehingga dapat dijangkau setiap lapisan masyarakat.

Wakil Bupati Landak, Herculanus Heriadi mengucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Tim Penggerak PKK yang telah peduli pada Kabupaten Landak selama menjabat.

"Terimakasih. Untuk kegiatan pasar murah bukan hanya di Desa Balai Peluntan, tetapi di 13 kecamatan. Tiap titik diadakan oleh gubernur dan Tim Penggerak PKK," ucapnya.

Penulis: Rilis
Editor: Kundori
Disiarkan: Radio Suara Landak 98fm


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini