-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

Panit Binmas Polsek Ngabang Sosialisasikan Rekrutmen Anggota Polri di SMAN 1 Ngabang

Panit Binmas Polsek Ngabang Sosialisasikan Rekrutmen Anggota Polri di SMAN 1 Ngabang

 
Ngabang (Suara Landak) - Satuan Binmas Polsek Ngabang dibawah pimpinan Bripka Agus Priadi kembali mengunjungi sekolah. Kali ini mengambil apel pagi di SMA Negeri 1 Ngabang, Rabu (28/09/2022).
 
Pada kesempatan apel pagi ini, Bripka Agus Priadi menyampaikan himbauan kepada para siswa-siswi agar menanamkan disiplin, sopan santun, etika serta moralitas yang baik sedini mungkin, hargai para guru dan jauhkan diri dari perkelahian antar sekolah serta balap liar.

Selain itu, Bripka Agus Priadi juga Menyampaikan bahwa Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali membuka rekrutmen anggota Bintara Polri Tahun Anggaran 2023. Rekrutmen ini merupakan penerimaan calon Bintara Polri untuk menjadi Bintara Polri dengan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda) melalui pendidikan pembentukan Bintara Polri.

Dilansir dari laman penerimaan.polri.go.id, dalam unggahan pengumuman Nomor: PENG/34/IX/DIK.2.1./2022 tanggal 13 September 2022 tentang pengumuman penerimaan Rekrutmen Proaktif Bintara Polri Tahun 2023. Pendaftaran Bintara Polri 2023 bisa dilakukan melalui situs penerimaan.polri.go.id atau langsung datang ke SDM Polres Landak mulai tanggal 26 September 2022 sampai dengan 16 Oktober 2022. Laman itu merupakan situs resmi yang menampung seluruh penerimaan terkait kepolisian.

Seperti yang disampaikan Kapolsek Ngabang Kompol Pesta Tampubolon, menjelaskan bahwa sesuai dengan surat petunjuk dan arahan yang di terima akan dibuka seleksi rekrutmen proaktif (rekpro) Bintara Polri tahun anggaran 2023 diberikan secara selektif dan proposional sesuai kebutuhan organisasi Polri dan tetap memegang prinsip BETAH (bersih, transparan, akuntabel dan humanis).

"Yang harus diperhatikan oleh seluruh calon peserta seleksi, ini masih bersifat sementara karena sesuai dengan surat petunjuk dan arahan dari Biro SDM Polda Kalbar Bahwa persyaratan masih mengacu pada Tahun 2022 dan untuk kepastian persyaratan nantinya akan segera disosialisasikan ke seluruh lapisan masyarakat. Rekrutmen dengan kategori tindakan penguatan (affirmative action), penghargaan dan pencarian bakat (talent scouting),” ujarnya.

Dijelaskan juga gambaran dari kategori tersebut, seperti kategori tindakan penguatan yaitu rekrutmen yang berasal dari pulau-pulau kecil terluar/wilayah perbatasan, suku pedalaman dan pulau terpencil berpenghuni sesuai dengan penetapan keputusan Kapolri.

Untuk kategori penghargaan diberikan kepada anak kandung anggota Polri yang gugur/tewas/hilang/cacat tingkat III dalam tugas, memiliki tanda kehormatan Bintang Bhayangkara Nararya Prestasi, mendapat pin emas dari Kapolri dan penghargaan dari Presiden.

Penghargaan juga yang didapat bagi anak kandung dari masyarakat yang gugur dalam membantu tugas kepolisian, berperan aktif dalam penyelenggaraan kamtibmas atau ikut membangun system atau metode yang berpengaruh besar dalam tugas Polri.

Yang terakhir kategori pencarian bakat yakni melalui prestasi akademik seperti juara olimpiade sains tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten bahkan skala Internasional, serta lulusan SMA/MA dengan nilai ujian Nasional peringkat 1-10 terbaik tingkat Kabupaten.

Bakat juga bisa melalui non akademik yakni juara 1, 2 dan 3 bidang olahraga tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional. Juara 1, 2 dan 3 kejuaraan keagamaan tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional, Hafidz Qur’an dan pasukan Paskibraka tingkat Nasional.

“Jika merujuk acuan yang telah ditentukan, bagi masyarkat atau anggota Polri yang anaknya masuk dalam kategori tersebut bisa didaftarkan dan akan didatakan mulai bulan September ini hingga pendaft
aran nantinya dibuka,” Pungkasnya.

Humas Polsek Ngabang / Dion


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini