|
Streaming Radio Suara Landak

Pemkab Landak Gelar Rapat Pembahasan Terkait Pelimpahan Wewenang

Pemerintah Kabupaten Landak menggelar rapat dengan agenda pembahasan pelimpahan wewenang bupati kepada camat, Senin (8/3/2021).

Ngabang
(Suara Landak) - Dalam rangka pengoptimalan peran kecamatan sebagai organisasi perangkat daerah dalam pelaksanaan teknis kewilayahan dan pelaksanaan tugas pembantuan. Pemerintah Kabupaten Landak menggelar rapat dengan agenda pembahasan pelimpahan wewenang bupati kepada camat, Senin (8/3/2021).

Hadir dalam kegiatan ini seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh Camat se-Kabupaten Landak. Saat memberikan arahan mewakili Bupati Landak, Sekretaris Daerah Kabupaten Landak Vinsensius memaparkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sesuai Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah.

"Hari ini kita membahas terkait pelimpahan wewenang Bupati kepada Camat, kita melaksanakan ini sebagaimana yang telah diamanahkan dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan," ujar Sekda Landak.

Vinsensius juga mengarahkan kepada semua Kepala OPD untuk meninjau kembali bilamana dalam data tersebut ditemukan ada kegiatan yang tidak dapat dilimpahkan.

"Nanti jika Bapak dan Ibu menemukan data yang tidak dapat dilimpahkan kepada camat maka segera mengkonfirmasikan hal ini kepada Kita dengan catatan sampaikan alasannya supaya Kita tidak keliru dalam pelaksanaanya," pesan Vinsensius.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Ursus mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik akan adanya pelimpahan wewenang tersebut supaya semua kecamatan memiliki ruang perpustakaan.

"Kami, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sangat menyambut baik akan adanya hal ini supaya semua kecamatan ada perpustakaanya dengan adanya ini kita berharap minat baca warga Kabupaten Landak semakin meningkat," ungkap Ursus.

Hal senada juga disampaikan Camat Jelimpo Vietra Triana menyambut baik adanya pelimpahan ini, dirinya mengatakan bahwa jika ini dilaksanakan tentu akan semakin memberikan kemudahan terutama OPD yang berkaitan secara teknis.

"Kami selaku camat siap melaksanakan sebagian kewenangan yang dilimpahkan Bupati kepada Camat. Kedepannya, semoga koordinasi dan komunikasi camat dengan OPD teknis bisa lebih efektif," jelasnya. (MC/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini