|

Prosesi Adat Damai Kerusuhan Tim Sepak Bola di Keranji Mancal

Prosesi adat damai di lapangan Sepak Bola Ne' Makat

Sengah Temila
(Suara Landak) - Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan melalui Anggota Bhabinkantibmas Desa Sidas- Keranji Mancal Bripka Yudi Aditya, menghadiri prosesi Adat damai di lapangan sepak bola Ne’Makat Dusun Kelawit Desa Keranji Mancal Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak, Sabtu (29/02/2020) siang.

Pada Jumat tanggal 28/2/2020, kesebelasan sepak bola Kampisi Dusun Dangku dengan Kesebelasan sepak bola Sagalas Dusun Kaniyatan terjadi kericuhan kecil antar pemain, namun kericuhan ini berhasil diredam oleh panitia dan langsung dikenai sanksi hukum adat.

Menurut pasirah Dusun Kelawit Pator, persoalan kericuhan yang terjadi sudah tidak ada lagi, sehingga  kedua belah pihak yang bertikai sudah berdamai dengan dikenai sangsi hukum adat.

“mereka ini sudah bersedia memenuhi hukuman  adat ke panitia,dan hari ini pelaksanaan prosesi hukum adat nya direalisasikan ,”kata Pator.

Hal serupa juga di jelaskan oleh Sendi selaku ketua umum peresmian lapangan sepak bola, kericuhan yang terjadi sudah diselesaikan secara damai

"Dan kedua belah pihak di kenai hukum adat guna epek jera," ujarnya.

Dan hal senada juga di ungkapkan oleh Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan melalui anggota Bhabinkamtibmas Bripka Yudi Aditya,ia memaparkan dirinya sekedar memonitor prosesi adat perdamaian yang diadakan di lapangan sepak bola Ne’Makat.

Yudi berharap kejadian sebelumnya hendaknya jangan sampai terulang kembali

"Agar sesama pendukung kesebelasan sepak bolan ini sama-sama menciptakan kamtibmas agar tetap berjalan tertib dan aman," pesannya. (Yudi/Fik)

Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini