|

Kapolsek Sengah Temila Hadiri Pencanangan Kakao di Desa Rabak

Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan saat hadiri pencanangan kakao 
Sengah Temila (Suara Landak) -Di Halaman Gereja Santo Thomas Dusun Singkut Ladangan Desa Rabak Kecamatan Sengah Temila Kabupaten Landak telah di laksanakan kegiatan Pencanangan Desa dan Pengembangan Kakao

Kegiatan Pencanangan Desa Kakao dan Pengembangan Kakao tersebut sebagai tindak lanjut Program Kerja Sama antara Pemerintah Kabupaten Landak dengan Yayasan Solidaridad Indonesia berkaitan dengan Kemitraan Strategis dalam mewujudkan Komoditi Perkebunan yang berkelanjutan salah satunya berkaitan dengan Pengembangan  Komoditi Kakao di Kabupaten Landak, Senin, (27/01/2020)

Dalam kegiatan kegiatan tersebut hadir Bupati Landak dr. Karolin Magret Natasa., Yayasan Solidaridad Kakao Indonesia di wakili oleh Prof. DR. Ir. H. Gusti Muhamad Hatta, MS dan DR. I .Nyoman Oka Tridjaja., Kadis Perkebunan Kabupaten Landak Alpius., Kadis Kearsipan Kab Landak bapak Ursus, SH, MH., Camat Sengah Temila  Emilius, SE.MM., Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan., Danramil Sengah Temila Kapten Amiruddin., Kades se- Kec. Sengah Temila, Tomas, Todat, Toga, Toda se- Desa Rabak dan Kelompok Tani Desa Rabak.

Kades Rabak Tono menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Kab. Landak, karena telah menunjuk Desa Rabak sebagai pencanangan dan pengembangan tanaman Kakao di Desa Rabak yang terpilih menjadi Desa percontohan yang ada di Kecamatan Sengah Temila.

Prof. DR. Ir. H. Gusti Muhamad Hatta, MS yang merupakan perwakilan dari yayasan Solidaridad Indonesia mengatakan bahwa dirinya bersyukur akhirnya bisa meninjau langsung Desa Rabak yang di tunjuk sebagai tempat pengembangan penanaman kakao, dan dirinya akan melatih dan membimbing bagaimana cara menanam kakao.

dan untuk kedepannya nanti, perwakilan dari kelompok-kelompok petani yang sudah di bentuk akan melaksanakan pelatihan di Jembrana - Bali, karena Bali sudah terbukti kemajuan dari pada kakao.

Dalam kegiatan tersebut Bupati Landak dr. Karolin Magret Natasa menyampaikan bahwa Berdasarkan Rencana Pengembangan Komoditi Kakao, kami mengharapkan tindak lanjut yang konkret terutama berkaitan dengan pembinaan petani mengenai tehnik budidaya Kakao yang baik, penanganan hama dan penyakit yang ramah lingkungan metode pasca panen yang benar sampai dengan kejelasan pemasaran hasil tanaman kakao baik dari pihak solidaritas Indonesia maupun Dinas Perkebunan serta Dinas terkait lainnya.

Di konfirmasi, Kapolsek Sengah Temila Ipda Hengki Gunawan mengatakan bahwa Sangat mendukung langkah dan program yang dilakukan oleh Bupati Landak dalam rangka mensejahterakan rakyatnya, karena masyarakat sangat membutuhkan alternatif usaha lain selain Padi, Karet, dan Sawit.

"Komoditas Kakao adalah salah satu solusinya, selain mempunyai produk turunan yang begitu banyak, kakao juga adalah tanaman yang ramah lingkungan," ucap kapolsek. (Rimbun)
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini