-->
    |

Streaming Radio Suara Landak

TMMD Kodim 1201/MPW Desa Sekais Gelar Kegiatan Penyuluhan


Ngabang (Suara Landak) - Bertempat di Balai Desa Sekais,  Selasa (12/03/19) pagi telah dilangsungkan kegiatan non fisik penyuluhan dalam rangka TMMD regular ke - 104 tahun 2019 Kodim 1201/MPW.

Kegiatan penyuluhan yang diprakarsai oleh TNI ini merupakan bagian kegiatan non fisik TMMD.

Dihadiri oleh  Camat Jelimpo L.Toto.M.S.Sos beserta staf, Kapolsek Ngabang Kompol I.B.Sinung.SH.MH berserta staf, B.Beny dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak berta tim dan sekitar 60 orang terdiri dari perangkat Desa dan Dusun Sekais, Raba, Sengkorom, Dusun Bayur dan Palo Blantian serta warga.

Dalam kata pembuka yang disampaikan Pasi Ops TMMD Kapten Czi Suwardi yang juga menjabat sebagai Danramil Ngabang memaparkan bahwa kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian  program kerja TMMD, karena selain pengerjaan fisik juga ada kegiatan non fisik.

"Memasuki hari ke 14, diperkirakan pekerjaan fisik sudah mencapai angka 80 sampai 90 persen," sebutnya kepada tim rilis.

Hadir menjadi narasumber penyuluhan Kapolsek Ngabang Kompol I.B.Sinung, SH,MH yang memaparkan tentang Hukum, Penyalahgunaaan serta dampak dari penggunaan narkoba.

Pada pemaparannya Sinung banyak mengulas hal-hal terkait pelanggaran hukum dengan mencontohkan kasus per kasus yang pernah ditangani Polsek Ngabang melalui slide infocus.

 Masih dalam lanjutannya, ditampilkan gambar tentang jenis serta dampak penyalah gunaan narkoba dan ancaman hukum yang menantinya.

"Sangat banyak yang harus dikorbankan bila seseorang sampai terjerumus narkoba, badannya rusak, keluarga berantakan, masa depannya kacau, ekonominya juga kacau, berani mengancam orang tuanya bahkan tidak segan- segan melakukan tindak pidana" tutur Sinung.

"Mari kita ciptakan lingkungan yang sehat dan bersih dari narkoba, dimulai dari diri kita, keluarga kita serta lingkungan kita tinggal," Ungkap Sinung akhiri papannya.

Sedangkan penyuluhan di bidang  Pertanian disampaikan oleh Kasi Penyuluhan dari Dinas Pertanian, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Landak B.Beny beserta timnya.

Dalam paparannya melalui slide lebih mengulas pada bagaimana menciptakan masyarakat yang mandiri melalui progran Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yaitu sebuah kosep lingkungan rumah penduduk yang secara bersama sama mengusahakan perkarangan secara intensif untuk dimanfaatkan menjadi sumber pangan secara berkelanjutan dengan mempertimbangkan aspek potensi, sumber daya alam dan kebutuhan gizi warga.

"Selain dapat meningkatkan gizi keluarga, program ini juga dapat menunjang ekonomi keluarga," jelas ibu Atin dari tim penyuluh pertanian.

Dalam sambutan Camat Jelimpo menuturkan bahwasanya dengan adanya kegiatan TMMD diharapkan akan membawa dampak pisitif terhadap warga Desa Sekais.

"Mudah mudahan dengan adanya penyuluhan hukum, narkoba dan pertanian yang baru disampaikan pak Kapolsek dan ibu Atin dapat membuka wawasan masyarakar Desa Sekais," Sebut Camat Jelimpo diakhir kegiatan.

Penulis : Irwanto
Editor : Tullahwi
Disiarkan di Radio Suara Landak 98 FM
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini